Keutamaan Bulan Muharram

Bulan Hijriyah, Bulan Islam Istimewa yang Telah Ditentukan Allah

Keutamaan Bulan Muharram—Bulan Hijriyah adalah bulan Islam dan penanggalannya berbeda dengan bulan Masehi. Namun, walaupun begitu, jumlah bulan Hijriyah dengan bulan Masehi tetap saja sama tidak ada perbedaan. Bulan Hijriyah memiliki bulan yang tergolong bulan Haram. Apakah bulan Haram itu? Bulan Haram adalah bulan yang mulia disisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan juga bulan yang melarang apapun perilaku yang diharam kan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Seperti adanya perilaku ydang menyebabkan pertumpahan darah seperti melakukan peperangan yang dahulunya telah dilakukan oleh orang-orang Quraisy sebelum adanya agama Islam. Namun, apabila telah adanya peperangan pada bulan ini yang dimulai oleh orang-orang musyrikin, perangilah dengan sebaliknya orang-orang yang musyrikin itu. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al Qur’an surat At Taubah ayat 36 yakni yang artinya : “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptkan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiyaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah Allah beserta orang-orang yang bertaqwa” (Q.S At Taubah : 36). Empat bulan haram masing-masing memiliki keutamaan yang perlu kita semua sebagai umat Islam ketahui. Salah satunya adalah bulan Muharram yang memilki Keutamaan Bulan Muharram yang sangat istimewa. Bulan lainnya yang termasuk bulan haram adalah Dzul Qo’dah, Dzul Hijah dan Rajab yang juga sama-sama memilki keutamaan yang istimewa bagi kita sebagai umat Islam.

Keutamaan Bulan Muharran yang Istimewa

  1. Puasa Terbaik yang Di Lakukan di Bulan Muharram

Keutamaan Bulan Muharram adalah dalam melakukan ibadah puasa, adalah puasa yang terbaik. Mengapa demikian? Dalam sabda Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasalam yang memiliki arti : “Puasa yang mulia setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa) di bulan Muharram” (Hadits Riwayat Muslim). Puasa yang dilakukan tersebut adalah puasa asyura yang akan menghapuskan dosa satu tahun yang lalu. Sebelum lanjutkan membaca, bacalah info Umroh yang terbaru dari Khazzanah Tour Travel

  1. Bulan Muharram Merupakan Bulan Pertama

Yang termasuk Keutamaan Bulan Muharram adalah bulan Muharram merupakan bulan yang mengawali awal tahun Hijriyah. Sungguh awal yang baik bagi umat Islam yang merupakan hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang akan mengawali kehidupan yang lebih baik lagi di awal tahun Islam dengan adanya ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala tersebut.

  1. Bulan yang Memiliki Sifat Bulannya Allah

Keutamaan Bulan Muharram ini berdasarkan hadits yang artinya : Dari Abu Hurairah Radiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda : “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (Hadits Riwayat Muslim : 11630). Paket Umroh Februari 2017 kini sudah dibuka pendaftarannya, ayo segerakan niat Anda dengan mendaftar sekarang juga!

Itulah beberapa Keutamaan Bulan Muharram  yang dapat disebutkan dalam artikel ini yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi penulis dan bagi para pembaca sekalian yang inshaaAllah di rahmati oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mari bersama-sama mengerjakan segala amalan yang sunnah yang telah dianjurkan di bulan Muharram yang telah dimuliakan oleh Allah Subhanhu Wa Ta’ala yang memiliki Keutamaan Bulan Muharram yang dapat menambah ketaqwaan kita semua di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.